Home » » Ciri - Ciri Lingkungan Hidup Binaan

Ciri - Ciri Lingkungan Hidup Binaan


Lingkungan hidup binaan adalah lingkungan hidup yang dibentuk, dimodifikasi, dikelola dan ditentukan kondisinya oleh manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya.
Lingkungan hidup alami adalah lingkungan hidup yang telah ada di alam tanpa memperoleh gangguan atau dimodifikasi oleh manusia. Lingkungan hidup alami terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik adalah segala makhluk hidup, mulai mikroorganisme sampai dengan tumbuhan dan hewan. Lingkungan abiotik adalah segala kondisi yang terdapat di sekitar makhluk hidup yang bukan organisme hidup, seperti batuan, tanah, mineral, udara, angin, curah hujan, cahaya matahari dan lain–lain. Lingkungan biotik sering pula dinamakan lingkungan organik, sedangkan lingkungan abiotik dinamakan juga lingkungan anorganik.

   LINGKUNGAN HIDUP BINAAN


Ciri lingkungan hidup binaan :

1.      Seperti telah kita ketahui guna memenuhi kebutuhan hidupnya manusia merubah lingkungan hidup alami menjadi lingkungan hidup binaan

2.      Ciri ekosistem tidak mantap, karena selalu memerlukan subsidi energi dari luar.

3.      Ditinjau dari segi rantai nakanan dan piramida ekologi, maka ekosistem binaan merupakan ekosistem yang yang timpang

Manusia menyadari bahwa lingkungan mempunyai interaksi antar komponen dan juga keterbatasan kemampuan ( daya lenting ) lingkungan. Usaha manusia untuk memperpanjang usia lingkungan hidup dikenal dengan penciptaan lingkungan hidup binaan yaitu berusaha membentuk, memodifikasi, atau mengelola lingkungan hidup. Tujuan agar lingkungan hidup dapat normal kembali seperti semula yaitu memiliki keseimbangan ekologi.       

Prinsip penciptaan  lingkungan hidup binaan  misalnya  melakukan reboisasi hutan,pengelolaan air limbah agar bersih kembali  dan aman jika dibuang ke sungai.

Contoh yang sederhana dalam penciptaan lingkungan binaan  misalnya penanaman  pohon  di lingkungan komplek perumahan agar udaranya leebih segar, terlihat asri dan  nyaman         

            Seharusnya manusia terus-menerus melakukan upaya lingkungan binaan.  Namun kebanyakan, manusia tidak melakukannya sehingga banyak kerusakan  lingkungan di mana-mana. Hutan lebat dibabat seenaknya tanpa memikirkan penanaman kembali. Air bersih dipakai untuk industri tekstil, setelah tercemar  air tersebut dibuang ke sungai sehingga mencemari lingkungan.

Kegiatan manusia yang tidak menciptakan lingkungan binaan  mengakibatkan  dampak negatif terhadap lingkungan  alam. Bagaimana agar tidak rusak, manusia perlu merencanakannya dengan baik setiap akan membangun bangunan atau membuka hutanagar tidak mengganggu kelestarian lingkungan alami. Jika lingkungan binaan manusia tidak mampu mengembalikan keadaan lingkungan alami, lambat laun akan mempengaruhi keadaan sosial lingkungan sosial budaya manusia.

3 komentar:

Berkomentarlah dengan sopan dan jangan spam. trims

INFO PENTING

.
.

blog sahabat

Syarat Umum Seleksi CPNS: Umur, Pendidikan, Kesehatan dan Hukum

Syarat Umum Seleksi CPNS: Umur, Pendidikan, Kesehatan dan Hukum
Dapatkan Info terbaru melalui facebook yang akan di akses setiap hari. Dengan cara gabung di GRUP CPNS INDONESIA (KLIK GAMBAR)

CPNS INDONESIA ON Google

Diberdayakan oleh Blogger.

TAMBAH KAMI DI LINGKARAN ANDA Google Plus Anda

Blog Archive

.